Cara Membuat Anchor Text di HTML

Cara Membuat Anchor Text di HTML

Dalam dunia pemrograman atau dunia blogging pembuatan teks tautan atau link (Anchor Text) sangat sering dilakukan. Anchor Text merupakan kata atau kalimat yang mengandung alamat tautan (URL) di dalamnnya. Dalam pembuatannya sendiri Anchor Text digunkan untuk mengakses atau menjelajahi sebuah halaman tertentu. Agar lebih jelas silahkan sobat baca penjelasan berikut ini dengan saksama.


Cara Mudah Membuat Anchor Text

Nah untuk membuat Anchor Text atau tautan teks, disisi saya telah menyediakan 2 contoh cara penulisannya, yaitu yang pertama cara membuat Anchor Text biasa dan yang kedua cara membuat Anchor Text yang URL tujuannya dibuka di tab baru.

Contoh 1: Membuat Anchor Text Biasa

Untuk membuat sebuah Anchor Text sangatlah mudah. Berikut ini contoh penulisannya:
<a href="https://bangferi.blogspot.com">Contoh penulisan Anchor Text sederhana</a>
Hasilnya sebagai berikut:

Penjelasan Contoh

  • Berdasasrkan contoh penulisan anchor text diatas, dapat kita lihat bahwa sebuah teks tautan/link didefinisikan dengan menggunkan tag Anchor, yaitu <a>
  • Alamat tautan yang terkandung didalam Anchor Text di tentukan dengan menggunakan atribut href. Atribut href berisi alamat tautan yang ingin dituju seperti URL website, URL dokumen, URL gambar dan masih banyak lagi.
  • Teks di antara tag <a> merupakan teks yang nantinya akan di eksekusi dan ditampilkan sebagai Anckor Text. Teks yang akan dijadikan Anchor Text dapat dibuat sesuka hati.
  • Secara defaut Anchor Text memiliki tampilan berwarna biru serta memilik dekoresi garis bawah. Contoh: Belajar HTML Lengkap Untuk Pemula

Contoh 2: Membuat Anchor Text yang URL Tujuannya Dibuka di Tab Baru

Sebelum lanjut ke cara penulisannya mungki sobat bertanya:
Maksudnya Anchor Text yang URL tujuannya dibuka di tab baru itu gimana ya, bang?
Nah, maksudnya Anchor Text seperti ini, yaitu Anchor Text jika diklik maka, URL yang ada di dalam teks tersebut akan dibuka oleh browser dengan menggunakan tab baru.

Anchor Text yang terbuka di tab baru berguna agar halaman sebelumnya (halaman awal) tidak ditutup walaupun browser sedang mengkases URL lain. Berbeda dengan Anchor text biasa yang jika diklik maka URL tujuan akan terbuka dan juga akan menutup halaman sebelumnya. Agar lebih jelas silahkan sobat perhatikan cara penulisan berikut.
<a href="https://bang Feri.blogspot.com" target="_blank">Belajar Penulisan Anchor Text</a>
Hasinya sebagai berikut ini:

Penjelasan Contoh

  • Atribut target dideklarasi dengan nilai _blank yang berfungsi untuk memberi tahu browser agar mengakses dan mengunjungi URL di tab baru
Nah, jadi seperti cara membuat sebuah tautan (anchor) yang jika diklik akan URL tujuannya akan dibuka di tab baru. Bagaimana, cukup mudah, bukan?

Penutupan

Nah kira-kira tutorial cara membuat Anchor Text di HTML cukup sampai disini terima kasih atas kunjungannya. Semoga penjelasan diatas cukup jelas dan bermanfaat. Serta nantikan arikel coding berikutnya dari Bang Feri Blog, salam coding!

2 comments for "Cara Membuat Anchor Text di HTML"

  1. Mantap gan artikelnya sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Mantapz Bang, Artikelnya,..
    Kujungi Juga Yah,, di https://santrikuliahdewe.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentarnya gan :)