Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

Selamat datang ke artikel coding kedua Bang Feri Blog, Nah diartikel sebelumnya kita telah membahsan tentang artikel pengenalan dalam belajar HTML lengkap. Selanjutnya, sesuai dengan judul artikel di atas pada kesempatan kali ini kita akan membahas software/aplikasi text editor terbaik yang cocok untuk Pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan sebagainya.


Dalam kegiatan pemrograman pasti tidak pernah lepas dari yang namanya software/aplikasi text editor, karena tanpa text editor kegiatan pemrograman tidak dapat terlaksana. Oleh karena itu, untuk melakukan pemrograman terlebih dahulu sobat harus siapkan yang namanya software/aplikasi text editor atau semacamnya. Jadi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi software text editor terbaik untuk pemrograman di perangkat windows serta rekomndasi aplikasi text editor yang cocok untuk pemrograman di Android.


Software Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman di Windows

Sebenarnya software text editor sangat banyak, namun pada artikel kali ini telah dirangkum berapa software terbaik dalam melakukan kegiatan pemrograman.

1. Sublime Text

Sublime Text merupakan salah satu software text editor terbaik yang sudah cukup populer dikalangan para proggrammer baik itu pemula maupun yang telah mahir dalam dunia pemrograman.

Sublime Text telah dilengkapi dengan fitur syntax highligther (Breakers, Monokai, Caleste, Mariana, dan SIxteen) yang fungsinya memberi warna pada susunan kode yang dibuat, tujuannya agar struktur kode (tag, atribut, dan properti) lebih mudah dikenali dan dibedakan serta kode atau script yang dibuat tidak terlihat membosankan. Kalau untuk masalah tampilan, Sublime Text memiliki tampilan menu navigasi yang sederhana dan tidak terlalu rumit, jadi cocok untuk pemula.

Sublime Text mendukung banyak jenis dokumen dan bahasa pemrograman seperti: C, C++, C#, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Haskell, Java, JavaScript, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R, Ruby, SQL, TCL, Textile dan XML.

Berikut ini hasil tangkap layar software Sublime Text:

Bagaimana, tertarik untuk menggunkan Sublime Text untuk belajar menulis kode pemrograman? Jika sobat tertarik sobat bisa mengunduhnya via link tombol berikut:

Download Sublime Text v3.2.1

2. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan text editor terbaik yang juga sangat pouler di kalangan para proggrammer profesional terutama para web developer. Visual Studio Code dilengkapi dengan banyak fitur untuk melakukan pemrograman seperti Debug, Source Control, syntax dan masih banyak lagi.

Meski deilengkapi dengan banyak fitur dan menu navigasi, namu untuk menggunakannya sangatlah mudah dan cocok untuk pemula, karena jika ada penulisan kode yang salah atau tidak lengkap sobat akan diberitahu dengan perubahan pada nama dokumen yg berwana merah.

Visual Studio Code juga mendukun banyak sekali jenis dokumen dengan bahasa yang berbeda-beda seperti: JSON, TypeScript, HTML, Rust, Batch, Perl, PHP, C#, Ruby, Objective-C, Java, Lua, Makefile, Coffee, Script, Haxe, CSS, PowerShell, Sass, Jade, SQL, Ini, XML, Markdown, F#, Dockerfile, dan Groovy

Dalam kegiatan pemrograman Visual Studio Code merupakan software text editor favorit saya. Jujur saja, artikel ini saya biuat dengan menggunkan Visual Studio Code sebagai software untuk mengatur tampilannya.

Bagaimana, tertarik untuk menggunkan Visual Studio Code sebagai software teks editor sobat? Jika tertarik silahkan sobat mengunduhnya via link berikut ini.

Download Visual Studio Code
Info
Untuk masalah instalasi atau pemasangan, software diatas dapat di install seperti cara penginstalan software di windows pada umumnya. Jadi untuk caranya tidak perlu diberitahu lagi karena cara sangat mudah.

Aplikasi Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman di Android (Hp)

Sama halnya pada software text editor pada windows, aplikasi text editor untuk melakukan pemrograman dengan Handphone juga lumayan banyak. Tapi sesuai dengan awal pembahasan saya hanya akan membagikan rekomendasi aplikasi text editor terbaik untuk pemrograman.

1. Droid Text Editor

Droid Text Editor adalah salah satu aplikasi text editor terbaik yang dapat digunakan untuk melakukan pemrograman dengan menggunkan Android (Hp). Droid Text Editor juga dilengkapi dengan fitur syntax highligther yang warnanya dapat diatur sesuai keinginan, color picker, preview code dan lain-lain.
Apakah Droid Text Editor mendukung banyak bahasa?
Karena merupakan aplikasi Android bukan berarti Droid Text Editor hanya mendukung beberapa bahasa saja, tapi aplikasi ini juga telah mendukung banyak sekali bahasa pemrograman lho, seperti C, C ++, C #, Java, HTML, CSS, Javascript, Python, Ruby, Lua, LaTeX, SQL, dan sebagainya.

Bagaimana, keren kan? Jika tertarik silah sobat unduh aplikasinya dengan link berikut ini:

Download Droid Text Editor

Selanjutnya...

2. Quoda Code Editor

Quoda merupakan aplikasi text editor terbaik yang telah dirancang khusus untuk para proggrammer terutama pemula. sama dengan aplikasi sebelumnya, Quoda juga dilengkapi dengan fitur syntax highligther yang cukup banyak, preview code, serta aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu untuk membuat template web.

Quoda juga telah mendukung banyak sekali bahasa pemrograman seperti, ActionScript, C, C++, C#, CSS, Haskell, HTML, Java, JavaScript, Lisp, Lua, Markdown, Objective-C, Perl, PHP, Python, Ruby, SQL, Visual Basic dan XML.

Trus terang saja, diawal saya mengenal dunia coding, aplikasi Quoda ini lah yang saya gunakan untuk mengasah kemampuan dalam belajar coding. Setelah itu, berlanjut dengan menggunakan Visual Studio Code di Windows.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi pemrograman yang satu ini? Jika tertarik silahkan sobat mengunduhnya via tombol berikut:

Download Quoda

Nah itulah diatas deretan rekomendasi software/aplikasi text editor terbaik yang cocok digunakan untuk belajar coding HTML, CSS, dan JavaScript untuk sobat pemula. Jadi, software atau aplikasi manakah yang akan sobat gunakan?

Penutupan

Nah kira kira cukup sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk yang baru belajar coding, serta semoga apa yang saya bagikan diatas dapat mempermudah sobat ketika belajar pemrograman.

Terima kasih atas kunjungannya, saya Feri Irawa, Salam Coding!

No comments for "Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman"