Cara Mengganti Alamat Blog Subdomain Blogspot 2020

Cara mengganti Alamat Blog di Blogger/Blogspot
Yap, terkadang bagi seorang Blogger pemula atau Blogger profesional sekalipun merasa kurang puas dengan alamat blog (subdomain) yang dimiliki oleh blognya sendiri dan berniat untuk mengganti alamat blognya dengan subdomain lainnya.

Nah, sesuai dengan judul diatas pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengganti alamat blog (URL) Subdomain Blogger atau Blogspot

Jadi, buat Anda yang merasa kebingungan bagaimana cara mengganti domain atau subdomain Blogger, tidak perlu khawatir karena caranya akan dibahas di bawah ini.

Apa itu Subdomain?

Subdomain adalah alamat blog atau website yang merupakan bagian dari nama domain induk sebuah website. Subdomain pada umumnya mengacu pada ke suatu alamat di sebuah website dengan alamat domain bukan subdomain.

Sebagai contoh: situs Blogger memiliki alamat domain induk blogger.com atau blogspot.com. Sedangkan blog bangferi.blogspot.com merupakan subdomain dari Blogger atau blogspot.

Apa Dampaknya Setelah Mengganti Subdomain?

Mungkin sobat bertanya-tanya:
Apa dampak dan pengaruh setelah mengganti subdomain blog, Bang?
Nah, sebenarnya mengganti subdomain atau alamat blog akan menyebabkan dampak yang kecil hingga sangat buruk terhadap perkembangan blog. Apa lagi jika blog yang ingin diganti subdomainnya sudah memiliki beberapa artikel yang diindex oleh mesin pencari Google dan blog tersebut merupakan blog yang usianya sudah lebih dari satu bulan.

Berikut ini beberapa dampak buruk yang kemungkinan akan terjadi setelah mengganti subdomain blog:

1. Traffic Blog Merurun

Salah satu dampak dan pengaruh jika mengganti alamat blog adalah menurunnya traffic blog. Menurunnya traffic blog ini akan terjadi secara perlahan ataupun secara cepat dan drastis.

Hal ini disebabkan karena para pengunjung yang dulunya terbiasa mengunjungi blog sobat dengan alamat blog yang pertama (sebelum alamat blog diganti) akan tetap mengunjunginya atau akan dialihkan ke halaman Blogger yang menyatakan bahwa blog sobat telah dihapus atau tidak tersedia. Lalu kemudian mereka meninggalkannya.

Cara Mengatasi Dampak Buruk Setelah Mengganti Alamat Blog

Mungkin dampak setelah mengganti subdomain hanya satu yaitu traffic blog menurun. Namun sebagai seorang Blogger, traffic blog merupakan kebutuhan penting yang harus dimiliki bagi perkembangan blog itu sendiri.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi dampak setelah mengganti alamat blog:
  • Melakukan kembali promosi blog atau artikel di sosial media.
  • Melakukan inspeksi URL di Google Search Console (webmaster)
  • Dll.
Oleh karena itu, sebelum mengganti subdomain atau alamat blog sobat harus mempertimbangkannya dengan baik-baik.

Cara Mengecek Subdomain Blogger yang Masih Tersedia

Sebelum mengganti subdomain blog, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan adalah alamat subdomain yang baru. Oleh karena itu, jika sobat belum menyediakan subdomain baru, silahkan sobat melakukan pengecekan di Blogger. Caranya sebagai berikut:
  • Login ke Blogger
  • Klik menu Daftar Blog, di bagian atas dashboard
  • Kemudian, klik Blog Baru
  • Slanjutnya, ketikan alamat blog yang sobat inginkan pada kotak teks dan lihat apakah alamat blog yang diinginkan masih tersedia.
  • Jika selesai mengecek subdomain yang masih tersedia, selanjutnya klik kembali/cancel

Cara Mengganti Subdomain Blogger

Setelah mengecek subdomain yang masih tersedia, selanjutnya berikut ini adalah cara mengganti subdomain Blogger. Silahkan dibaca dengan cermat langkah-langkahnya:
  • Login ke Blogger yang ingin diganti subdomainnya.
  • Di bagian menu dashboard, klik Setelan > Dasar.
  • Selanjutnya di bagian Alamat blog, klik Edit.
  • Selanjutnya, silahkan sobat mengganti subdomain blog sobat dengan subdomain yang masih tersedia di kotak teks.
  • Terakhir klik Simpan.
Nah, sekarang alamat subdomain blog soba telah berhasil diganti dengan subdomain yang baru. Untuk mengecek alamat subdomain blog yang baru, silahkan sobat Refresh kembali halaman Bloggernya, setelah itu klik Lihat Blog.

Penutupan

Kira-kira cukup sekian artikel blogging kali ini tepatnya cara mengganti domain atau subdomain Blogger. Semoga artikel yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi banyak Blogger.

Terima kasih, salam anak bangsa!

No comments for "Cara Mengganti Alamat Blog Subdomain Blogspot 2020"